h1

Kondisi Transportasi Di Indonesia. Sudah Puaskah Anda??

Januari 9, 2010

Suatu negara dapat diukur tingkat kemajuan atau kesejahteraannya dengan beberapa faktor. Salah satu ukuran yang sangat mudah dalam melihat suatu Negara itu maju atau sejahtera adalah dengan melihat kepada sistem transportasi publik di Negara tersebut. Ketertiban, kemudahan dan kenyamanan serta ketepatan waktu dalam penyelenggaraan suatu sistem transportasi publik di suatu Negara, akan menggambarkan secara tidak langsung maju atau sejahteranya suatu bangsa. Seberapa baik sistem angkutan umum disuatu Negara adalah merupakan cerminan atau berupa suatu refleksi dari seberapa baik Pemerintah suatu Negara mengelola negaranya.

Sebuah negara yang maju dan makmur tentu senantiasa memperhatikan kepentingan orang banyak sehingga transportasi publik dapat tertata, tertib, bersih dan nyaman. Dari deskripsi tersebut maka pemerintahan yang baik dan maju adalah pemerintahan yang diisi oleh pejabat-pejabat yang mementingkan kebutuhan umum daripada kepentingan pribadinya. Lantas mengapa dari sistem transportasi publik suatu negara dapat dikatakan maju dan makmur hal tersebut berkaitan dengan kesungguhan pemerintah dalam pengelolaan transportasi itu sendiri, selain itu juga pada penggunaannya yang harus disiplin dalam tingkah laku dalam penggunaan transportasi publik. Hal tersebut merupakan cerminan dari disiplin yang diterapkan begitu tinggi, pengawasan yang baik, dan supremasi hukum yang ditegakkan secara baik.

Bagaimana dengan keadaan transportasi di Indonesia?? Runtutan kejadian miris mengenai kondisi transportasi kita perlu dianalisis lebih lanjut. Anjloknya kereta api, tabrakan yang tak terelakkan, bahkan jatuhnya pesawat, seakan-akan membuat rakyat selalu dikhawatirkan dengan peristiwa-peristiwa semacam itu.

Anjloknya Kereta Api Argo

Sebenarnya adakah yang dipersalahkan mengenai peristiwa-peristiwa tersebut?? Dalam hal ini tidaklah sepantasnya kita meng kambing hitam kan siapapun. Ketidak laikan fasilitas penunjang menjadi salah satu faktor mengapa rawan terjadinya kecelakaan. Namun sebenarnya apabila dikaji lebih lanjut faktor SDM juga mempunyai peran vital dalam hal ini, mis komunikasi yang sepele mengakibatkan bencana yang besar, masih segar dalam ingatan mengenai Tragedi Bintaro yang menelan banyak korban. Pendidikan yang diharapkan tidak hanya dari segi formal saja, melainkan juga non formal. Selain hal diatas mengenai tekhnologi yang begitu cepat, sehingga kita seakan sulit untuk mengimbanginya. Seperti yang kita tahu tanpa SDM yang memadai maka tekhnologi tidak akan mampu dipahami.

Sementara itu disana-sini untuk menemui kenyamanan dalam memakai transportasi publik masih sangat kurang, kasusnya banyak dijumpai orang-orang yang kecopetan di dalam kendaraan, macet yang berkepanjangan dan lain sebagainya. Hal tersebut tentu sangat mengganggu sekali bagi kenyamanan. Angkot yang parkir sembarangan, seakan menjadi cerminan amburadulnya sistem yang ada.

Akankah terjadi perubahan di masa datang?? Atukah hanya stagnan tanpa ada usaha??

Kita Tunggu Tanggal mainnya…

About these ads

3 komentar

  1. perbaikan setiap aspek yand ada dalam transportasi adalah hal yang diinginkan oleh masyarakat, namun perbaikan tersebut tidak dapat berjalan lancar apabila pemerintah tidak mendukung keinginan masyarakat tersebut.


  2. Mungkin benar ukuran negara yang maju dan sejahtera dapat dilihat dari transportasi publik yang dimiliki.
    Kita dapat lihat sendiri bagaimana mirisnya keadaan transportasi negara kita.
    Sudah sepantasnya perlu adanya penanganan lebih lanjut.


  3. ..bagaimana cara konkrit memperbaiki transportasi kita yang masih seperti itu?
    andai saja transportasi kita nyaman dan aman, tentu mereka pada ngga pikir-pikir panjang msal mau nggunain fasilitas teresbut..
    kendaraan umum yang terlampau tua dan tidak layak pun masih aja digunakan, tidak mengherankan kecelakaan masih bukan menjadi sesuatu yang mengherankan



Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: